Tuesday, 30 August 2016

Gimana Sih Rasanya Kuliah?

Gimana Sih Rasanya Kuliah?
Diposting oleh: Hilman Singgih Wicaksana
Bulan September adalah momen pertama saya memulai untuk berkuliah. Saya berkuliah di ST3 Telkom Purwokerto yang letaknya berdampingan dengan SMK Telkom Purwokerto.

Tentu ada hal-hal yang berbeda dari sekolah menengah ke atas (SMA) ataupun SMK. Hal yang berbeda itulah yang sedang saya pelajari satu per satu agar mampu beradaptasi secepat mungkin.

Saya mulai bertanya-tanya kepada alumni kuliahan. Pertanyaan saya adalah 'Kuliah tuh rasanya gimana sih, mas/mba?', 'Bedanya apa kuliah dengan SMA/SMK?'.

Mereka menjelaskan perbedaannya adalah dari suasana kelasnya. Di perkuliahan, tidak ada istilah guru, melainkan dosen. Kemudian, mahasiswanya dari umur yang berbeda-beda. Perbedaan selanjutnya adalah jurusan atau prodi (program studi) mahasiswa yang mulai ke penjurusan.

Nah, menurut sahabat yang sudah pernah kuliah. Gimana sih rasanya kuliah? Ceritakan di kolom komentar ya :)
  1. Kuliah itu nano nano gan apalagi nunggu dosen pembimbibg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nano nano apa gado-gado gan? Hehehe.. Makasih gan atas ceritanya :)

      Delete
  2. Saya mau kuliah, tapi bingung mau ngambil program studi apaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus ditentuin tuh gan, mau ngambil jurusan apa. Saran saya sih yg sesuai dengan bakat kita. Itu pasti akan membantu kita untuk lebih berkembang ke depannya.

      Delete
  3. mas nya ambil jurusan IT ya ?
    klo boleh tau semester berapa sekrang mas, trus sekrg yang di pelajari apa saja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Saya ambil S1 Teknik Informatika di ST3 Telkom. Saya mahasiswa baru gan. Bulan depan sudah mulai orientasi. Salam kenal :)

      Delete
  4. Gitu ya bang, saya bentar lagi kuliah, jadi mau tau aja heheh

    ReplyDelete
  5. Kuliah itu menyenangkan karena kita ketemu lebih banyak orang dewasa, dan kita harus deal-dealan sama mereka... Misalnya senior SMA/SMK ya tentunya berbeda dengan senior di jenjang kuliah, karena belum tentu umurnya beda setahun dengan kita (nah lo... Hehehe). Selain itu, orang dewasa lainnya adalah dosen. Di sini, kita dilatih berdiskusi yang baik dengan dosen, dan sudah tidak bisa manja/merajuk seperti di jaman sekolah :P

    Kuliah itu seru kok, walaupun memang nggak selalu menyenangkan. Manis dan pahitnya lengkap! Semangat yaa! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik untuk dicoba.. Makasih ceritanya dari mbak Herda :)

      Delete
  6. kuliah itu.. nyenengin banget, banyak pengalaman baru yang bakal didapet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ceritanya gan. Singkat tapi mengena. Memang banyak yang bilang katanya kuliah itu menyenangkan. Salam :)

      Delete
    2. welcome gan.. ane angkatan 2015 (semester 3 lebih tepatnya) :D

      Delete
    3. Makasih gan.. Selamat ya gan.. Salam :)

      Delete
  7. kalau saya menceritakan kuliah saya itu bagaimana bisa jadi sebuah buku catatan seorang aktivis kampus. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kali gan. Singkat aja dari awal aja. Soalnya saya kan maba, jdi perlu tahu itu semua hehehe

      Delete
  8. haha tau gimana rasa dosen yg egois dan pelit nilai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gimana itu? Coba ceritakan gan di sini, singkat saja..

      Delete
  9. kuliah itu, hmm hmm hmm.. intinya nikmatin aja...

    ReplyDelete
  10. rasanya kuliah beda sekali waktu masih sekolah dulu :D

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Wah kalo jurusan harus ditentuin dari sekarang gan.. Lebih enaknya harus sesuai minat dan bakat..

      Delete
  12. Kuliah enak kaga pake seragam tapi kalo kaga nanya kaga dikasih info # unud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaya, UNUD itu yang di Bali kan? Gapapa gan.. Semangat ya :)

      Delete
  13. mas saya mau tanya universitas pajak di jakarta di mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan di Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia. Alamatnya: Jl. Matraman Raya No.27, RT.2/RW.1, Palmeriam, Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13140. Semoga membantu ya gan :)

      Delete
  14. enak ya ynag kuliah ..ane penngen kuliah tapi blom kesampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan, jangan patah semangat. Semua orang punya jalur kesuksesan masing2 :)

      Delete
  15. Kayaknya enak kuliah,tapi masalahnya ane masih SMA

    ReplyDelete
  16. Aku rasa kuliah itu sebenernya pendewasaan diri dimana kita yang harus aktif karena kita yang butuh dan kita gak akan diperlakukan seperti waktu SMA misalnya kalo ada nilai yang kurang pasti guru kita bilang ke kita untuk remidi..
    Itu sih pengalamanku selama ini karena aku udah semester 7 jurusan IT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ceritanya gan. Noted buat saya. Semoga sukses ya gan. Salam kenal :)

      Delete
  17. wah, jadi penasaran pengen kuliah :D

    ReplyDelete
  18. Waduh, saya jadi kepengen kuliah tahun depan juga rasanya, jika melihat dari cerita teman-teman yang menyatakan banyak sekali kesenangan yang didapatkan dari kuliah.. walaupun nantinya jika seandainya akan ada banyak tugas2 yang menumpuk, namun itu semua tidak menjadi penghalang untuk menuntut ilmu.. makasih atas kisah2nya gan.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan semangat. Kesuksesan ada di tangan kita masing2. Terima kasih kembali gan. Di sini saya sengaja mengajak sahabat2 untuk berbicara secara terbuka mengenai kuliah. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  19. haha..sebenernya gua pingin cerita, berhubung gua masih sma jadi ceritanya di tunda dulu ya...mungkin tahun depan hehe :'v

    ReplyDelete
  20. Awal kuliah semangat, pas akhir malas skripsi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ceritanya mbak Regina.. Sekarang, saya jadi punya planning agar selalu semangat dari semester awal sampai dengan semester akhir yaitu skripsi. Noted ya mbak

      Delete
  21. kuliah itu seru gan, tapi banyak tugas :3
    ya gitu gan namanya juga anak kuliahan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Kalau banyak tugas itu kan sudah menjadi kewajiban. Noted ya gan

      Delete
  22. pas kuliah ngerasa bosen, pas kuliah udah kelar tinggal kangen... heee http://lumbungresep.blogspot.co.id/2016/08/resep-martabak-manis-isi-ketan-hitam.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasa kan. Kalau awal-awalnya memang suka gitu. Noted ya mbak

      Delete
  23. kalau ane belum kuliah gan tp udah lulus smk :v niatnya pengen diterusin tahun depan ngambil teknik informatika. minta doanya aja gan hahaha.
    mampir juga diblogg sederhana ane http://rulnove.blogspot.com/

    ReplyDelete

Tuangkan komentar Anda di sini. Sebelumnya, baca syarat berkomentar.. Saya sangat menghargai komentar yang murni dari diri sendiri :)

Start typing and press Enter to search